Jan 31, 2017

Teknik Lampu Petromak

Perihal menyingkirkan paku ditengah jalan. Apa dasar hukum yang menggerakan perbuatan itu? Adakah undang-undang yang mengaturnya? Kalau pohon bisa tumbuh kemudian buahnya bermanfaat bagi manusia, itu semua karena ia menyampaikan titahNya. Tak perlu undang-undang atau produk hukum agar pohon bisa tumbuh.

Kehidupan bisa kacau kalau untuk berbuat baik kita menunggu produk undang-undangnya. Ada aturan undang-undang pun, faktanya negara ini masih dikelola seperti perseroan. Bahkan tanpa tendeng aling-aling kita langgar aturan yang disepakati. Jadi apa sesungguhnya yang menggerakan manusia untuk berbuat baik? Di atas hukum ada akhlak yang membuat kehidupan ini jadi indah. Kalau ada tetangga yang kelaparan dan kita tidak menolongnya, tidak ada pasal undang-undang yang mempermasalahkannya, tapi secara akhlak, ada yang menghitungnya. Menjaga bumi dan memperbaiki kerusakan adalah akhlak manusia kepada Ibu bumi yang telah menumbuhkan kebutuhan manusia. 

"Aku Sakit, engkau tidak menjengukKu. Aku lapar, kenapa engkau tak memberiKu makan. Aku haus, kenapa kau tak beri Aku minum"

Esok kalau ada yang bertanya tentang legalitasmu dalam berbuat baik. Bisikan saja "negara dan produk hukum itu teknik lampu petromak, yang besok pagi bisa padam. Sedangkan akhlak berlaku pada skala ruang dan waktu manapun."
 21122016